Selasa, 01 Mei 2012

NINJA SHOPPING

Terusterang bagi seorang Biker belum biker kayanya apa bila belom otak atik tungganganya, mau seciamik apapun tungganganya tetap saja hasrat untuk merubah tunggangan masih ada, bahkan cenderung menjadi candu. Yah hal itupun ta terlepas dari saya, sama seperti kebanyakan biker pasti ingin merubah tunggangannya baik dari performa ataupun tongkrongan alias tampilan. 

Nah tentu saja untuk mengaplikasikan hasrat itu agar menjadi kenyataan harus didukung dengan budget atau uang yg tidak sdikit. Nah dari sini saya ingin membagi kepada teman pembaca bagaimana menyiasatinya. Pertama kita harus mengetahui sumber dana yg kita dapat klo orang yg sudah bekerja yah pasti dari penghasilan perbulan tentunya nah bagi pelajar yg belum mendapatkan penghasilan sebaiknya usahakan mintalah kepada orang tua untuk memberi uang jajan dan ongkos untuk satu bulan penuh *strategi ini untuk mensiasati agar uang satu bulan itu dapat dikumpulkan untuk pembelian sperpat motor setelah dikurangi makan dan jajan. Yah tapi Weahna harus menghemat, dan saya tida menyarankan teman-teman unutuk UNIKO yah*walawpun terkadang dulu disaat mendesak jalan itu sering saya lakukan hehe malum kebelet. Ke-2 tentu saja membuat daftaran barang-barang modifikasi motor yg akan kita beli kita harus bisa memilah apa yg mesti didahulukan dan apa yg bisa dibeli belakangan.

Ada 2 aturan bagi orang seperti saya yg uangnya pas-pasan dalam mensiasati pembelian sperpat motor, yg pertama tentukan apa yg akan anda ubah Performa kah atau tampilan. Yah mungkin bagi orang yg budgetnya berlebih ta akan berpengaruh untuk aturan-aturan seperti ini. Tips: usahakan pembelian pertama adalah sperpat yg mendongkrak performa dan tampilan semisal EXHAUST SYSTEM itu dikarenakan Kenalpot bisa mendongkrak performa dan menggubah kesan standart pada tunggangan anda. Setelah itu baru kembali pada apa yg menjadi komitmen anda pertama mau merubah Performa atau Tampilan.

Berikut barang-barang yang akan saya incar untuk dandanan motor saya:



 1. EXHAUST SYSTEM, adalah sesuatu yg signifikan yg dapat mengubah tunggangan anda dari kesan standart. Cobalah ubah baik dengan knalpot Lokal dan Interlokal hehehehe yg sesuai menurut selera dan budget.


2. HELEMET, Helmet terbagia atas dua bagian ada yg berjenis Full Face ada yg berjenis Half Face, yg penting dari kedua helemet ini minimum harus bersetandar SNI, Helmet ini adalah faktor utama dari keselamatan dalam berkendara motor. 





3. JAKET, keamanan adalah segalanya klo motor rusak bisa beli baru tapi klo nyawa yg ilang mau ganti sperpat dimana bro. Buat pembaca ingat itu yah. Saran saja sih sebaiknya pilih jaket yg berbahan kulit baik kulit domba atau sapi. harga mulai dari 500rb - 3jt



4. GLOVES, Pelindung Tangan ini sangat teramat penting buat para biker sejati selain melindung tangan dari benturan juga dapat menghalang matahari membakar kulit tangan kita. Bandrol dimulai dari 80 - 450rb 


5. SHOES, jenis sepatu biasa sebenarnya kurang cocok untuk para pengendara motor, tetapi daripada ga ada yah boleh lah daripada pake sandal, sepatu untuk biker ada dua tipe ada yg tinggi sampe se lutut eh dibawah lutut deng klo di atas lutut itu spokat untuk penyanyi dungdet hahay. Ada yg se tinggi mata kaki seperti gambar diatas. Yah untuk yg tinggi tentu saja lebih sapety riding, tapi klo dipake sehari-hari sih tar orang-orang di jalan pada bilang edek kamarana yeuh. hahahaha. jadi saya rekomended yg se mata kaki aja deh sepatu diatas berkisar Rp 440 - 550rb.


6. PROTECTOR. Pelindung lutut dan siku ini cukup sognifikan untuk melindungi lutut dan sikut dari gesekan benda luar seperti aspal. untuk melindung agar tidak terluka.


7. SINGLE SEATR, Untuk saya pribadi kurang maksimal bila bepergian jauh berboncengan, karena mengurangi kenikmatan berkendara, nah untuk mengakali agar ga boncengan yah ganti jok yg belakang dengan Single Seatr dibandrol berkisar Rp300-350rb.


8. WINSIL,  Untuk kalangan Pemakai Ninja RR mungkin winsil ini sudah lumrah di ganti dengan kaca yg lebih belenok. itu dimkasudkan agar tampilan Ninja RR lebih berkarakter harga Winsil berkisar 150 - 200Rb.



9. STANG JEPIT, Penggantian stang standart dengan stang jepit ini sangat mempengaruhi karakter si empunya motor. Dengan pilihan warna yg berpareatif membuat stang cap cangkeul klo di macet ini sangat elegan. Apalagi skarang motor dengan design DRUG RICE sedang di gandrung-gandrungi oleh para biker. yah ta salah kita juga mengganti komponen tersebut. Meski saya kurang suka dengan setang cap cangkeul ini, tapi yah bisa di samakan posisinya dengan setang orsinil jangan terlalu ditekukan agar kadar pegel berkurang.


10. BAN, Ibarat nyawa pada manusia Ban adalah nyawanya motor, bagi pengendara yg suka CORNERING, Ban adalah kaki yang menjaga kita ketika berakselerasi dalam tensi tinggi. Karakter ban berbeda-beda tapi untuk sehari-hari dan jalan perkotaan saya menyarankan kedua ban di atas untuk tunggangan Ninja anda. Untuk ukuran Ban belakang Saya Rekomendasikan FDR XR ukuran 130/70-17 Rp.360 - 480Rb, dan untuk Ban depan Saya sarankan FDR MP 90/80-17 Rp. 360rb


11. FOOTSTEP, Pijakan kaki ini sangat bermanpaat, selain dikarenakan posisi yg memaksa kaki kita untuk berpijak lebih tinggi serta mempengaruhi tampilan motor Ninja berkesan sembalap. Footstep NUI ini dibandrol berkisar Rp.375 - 450rb.


12. SEN, Sen tempel ini membuat tampilan Ninja lebih ciamik. Tetapi dari pengalaman saya sudah beberapa kali melihat Ninja yg memakai sen tempel seperti ini berair. Didalam sen tersebut nyangkrung air ujan. Tidak tau apa penyebabnya tapi itu mengurangi keindahan ninja, terkesan murahan. Jadi untuk pembaca yg berniat membeli mesti dipikir kembali atau diakali agar ta masuk air dalam sen tersebut. Harga sen saya tidak tau pasti tapi berkisar di Rp100 - 150 rb.



13. BUSI, alangkah baiknya seorang yg suka kebut-kebutan memperhatikan si kutil ini. Karna kecil-kecil begini cabe rawit. Harga Busi Bervareatif berkisar 90 - 95rb (tergantung merk)


14. SPAKBOR KOLONG, bila budget masih tersisa tida ada salahnya untuk mengganti penghalang air ini. cukup membantu mempercantik variasi motor juga toh.


15. CARBU, setelah semua vareasi diatas terlaksana, timbul rasa malu ketika jalan-jalan diserpet oleh motor Ninja yg tampilan B aja tapi tenaga Gila... haaa mungkin yg nyrepet ngeduluin rombak Performa Ninja daripada tampilannya, yah itu kan resiko pilihan Bro2 masing-masing semua pilihan ada plus minusnya. nah untuk sedikit membantu Performa kita ganti jantung Ninja kita nih dengan yg lebih Recing, yah saya sih klo boleh saran pilih ini CARBU  Keihin PE 28 Harga Berkisar Rp. 750rb - 1.3jt.

Yah untuk saya pribadi ini sudah dirasa cukup sih. Tapi yg masih budgetnya berlimpah monggo di oprek lagi Sistem pengapian dan ENGINEnya

Tidak ada komentar: